Getty Images

Surabaya – Nama-nama tim eks bintang Amerika Serikat yang tergabung dalam USA Legends untuk menghadapi bintang-bintang NBL telah diumumkan. Tim USA Legends dimotori oleh Cedric Ceballos dan Clifford Robinson.

Seperti diberitakan sebelumnya, tim USA Legends akan menantang tim gabungan pemain bintang NBL dalam pertandingan yang berlangsung di Hall A Senayan Jakarta (22 Juni) dan DBL Arena Surabaya (25 Juni).

Dalam press release yang diterima detikSport, Kamis (26/5/2011) sore WIB tim USA Legends akan bermaterikan Cedric Ceballos, mantan top scorer Los Angeles Lakers (All-Star 1995), Dale Ellis, mantan bintang Seattle SuperSonics (All-Star 1989), dan Clifford Robinson, mantan andalan Portland Trail Blazers (All-Star 1994).

Selain pernah terpilih masuk NBA All-Star, Ceballos juga pernah bikin sensasi saat meraih gelar juara NBA Slam Dunk pada 1992. Dale Ellis pernah merebut juara NBA Three-Point Shootout 1989. Sebelum itu, pada 1987, Ellis meraih gelar NBA Most Improved Player. Sedangkan Clifford Robinson pada 1993 juga meraih gelar Sixth Man of the Year.

Selain ketiga eks All-Star di atas, akan hadir pula Voshon Lenard, mantan juara NBA Three-Point Shootout 2004 saat membela Denver Nuggets. Lalu ada dua mantan pemain Los Angeles Lakers, Ike Nwankwo dan Duane Cooper.

Selain enam mantan pemain NBA tersebut, tim USA Legends juga diperkuat enam pemain dari NBA Delevopment League. USA Legends akan datang ke Indonesia pada 20 Juni.

Sementara itu tim NBL Indonesia akan berisikan pemain-pemain dari sepuluh klub peserta liga tertinggi di tanah air tersebut. Kebanyakan adalah pemain muda, didukung bintang-bintang populer. Sejauh ini, nama yang sudah dipastikan oleh penyelenggara adalah Denny Sumargo (Garuda Flexi), Dimaz Muharri (CLS Knights), Oki Wira Sanjaya (Aspac), serta para peraih award musim 2010-2011 seperti Dian Heryadi (top rebound, Muba Hangtuah Indonesia Muda) dan Valentino Wuwungan (rookie of the year, Satya Wacana Angsapura).

Susunan lengkap NBL Indonesia Selection Team akan diumumkan dalam waktu dekat. “Kami terus berkoordinasi dengan tim nasional tentang pemain,” tukas direktur PT Deteksi Basket Lintas (DBL) Indonesia sekaligus comissioner NBL Indonesia selaku penyelenggara kegiatan ini.

“Event ini bersejarah. Untuk kali pertama, ada tim beranggotakan enam mantan pemain NBA, termasuk tiga orang All-Star, bertanding melawan bintang-bintang NBL Indonesia,” kata David Chu, general manager USA Legends.

“Kami senang bisa bekerja sama dengan PT DBL Indonesia, organisasi yang sangat profesional di Indonesia. Kami yakin even ini adalah awal dari kunjungan rutin tim USA Legends ke Indonesia,” tambahnya.

Selain datang bertanding di Flexi NBL Indonesia Challenge 2011, barisan USA Legends juga akan menghadiri peluncuran musim baru NBL Indonesia 2011-2012, yang rencananya dimulai Desember mendatang.

Foto: Cedric Ceballos ketika masih berseragam Los Angeles Lakers saat melawan Golden State Warriors, 30 Januari 1996 di Great Western Forum, Inglewood, California (Getty Images)

Share Post