Etape 10 Milik Greipel


Greipel (AFP/Lionel Bonaventure)

Paris – Andre Greipel berhasil mengalahkan mantan rekan setimnya, Mark Cavendish, di etape kesepuluh Tour de France. Sementara, jaket kuning tetap dikenakan Thomas Voeckler.

Greipel mengalahkan Cavendish dalam adu sprint menjelang finis di kota Carmaux. Lomba etape 10 sendiri berlangsung hari Selasa (12/7/2011), dimulai dari kota Aurillac dan menempuh jarak 158 km.

Tahun lalu, Greipel adalah rekan setim Cavendish di tim HTC Highroad. Namun karena tidak cocok dengan Cavendish, Greipel keluar dan bergabung ke tim Omega Pharma Lotto.

Kemenangan Greipel di etape ke-10 ini adalah yang pertama buat Omega Pharma Lotto tahun ini dan datang hanya dua hari setelah pembalap andalan mereka, Jurgen van den Broeck, harus menarik diri karena kecelakaan.

Selain Greipel dan Cavendish, para pembalap dalam peloton besar juga finis dalam waktu yang bersamaan. Dimulai dari Jose Joaquin Rojas di posisi tiga, Thor Hushovd di posisi empat dan seterusnya.

Jaket kuning sebagai tanda pemimpin klasemen umum pembalap masih jadi milik Voeckler yang membela tim Europcar. Ia dibuntuti oleh Luis Leon Sanchez dan Cadel Evans.
( arp / nar )

Share Post