Rui Costa (Reuters)

Paris – Pembalap sepeda asal Portugal, Rui Costa, memenangi etape kedelapan Tour de France. Sementara itu, Thor Hushovd masih mempertahankan jaket kuning.

Balapan di hari Sabtu (9/7/2011) waktu setempat, mengambul rute dari Aigurande menuju Super-Besse dengan jarak tempuh 189 km. Balapan ini berlangsung di medan pegunungan medium yang datar di awal, namun banyak mrenanjak menjelang akhir.

Costa berhasil mengungguli Philippe Gilbert dan Cadel Evans, masing-masing dengan perbedaan waktu 12 dan 15 detik. Pembalap berusia 24 tahun ini pun menjadi orang Portugal kelima yang pernah memenangi sebuah etape di Tour de France

“Ini adalah kemenangan yang penting untuk saya. Memenangi sebuah etape di Tour de France selalu menjadi mimpi dan saya tak bisa memercayainya,” ujar Costa di ini,” imbuhnya kemudian.

Etape kesembilan pada hari Minggu (10/7/2011) waktu setempat akan mengambil rute sepanjang 208 km dari Issoire ke Saint-Flour. Medannya sendiri relatif menantang lantaran tidak banyak trek mendatar.

( roz / roz )

Share Post